Pimpin Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Syarifuddin Gantikan Ganjar Harimansyah

Agus Sudono

KABUPATEN SEMARANG, balaibahasajateng.kemdikbud.go.id — Jabatan Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah mengalami pergeseran sebagai bagian dari rotasi jabatan di lingkungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, mulai 16 Januari 2023. Dr. Syarifuddin, M.Hum. ditunjuk sebagai Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBP Jateng), menggantikan Dr. Ganjar Harimansyah yang ditunjuk sebagai Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan.

Syarifuddin mengatakan bahwa dirinya akan melanjutkan program-program yang telah dicanangkan oleh Kepala Balai Bahasa sebelumnya. Revitalisasi bahasa daerah sebagai program Merdeka Belajar akan dilanjutkan kembali.

“Penguatan-penguatan konsep dan pelaksanaan revitalisasi bahasa daerah akan ditekankan kembali,” kata Syarifuddin dalam acara pisah sambut Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah di Balairung BBP Jateng, Ungaran, Kabupaten Semarang, pada Senin, 30 Januari 2023.

Syarifuddin menjelaskan bahwa fondasi yang telah dicanangkan oleh Kepala Balai Bahasa sebelumnya akan menjadi dasar dalam melaksanakan program-program yang akan dijalankannya. Dia berharap adanya kolaborasi berbagai pihak dalam menjalankan program-program Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

“Tanpa adanya kolaborasi, program yang telah disiapkan tentu tidak akan berhasil secara baik. Komponen yang satu harus mendukung komponen yang lain. Kolaborasi, kerja sama, dan komunikasi mutlak diperlukan,” tandasnya.

Keberadaan Balai Bahasa, lanjut Syarifuddin, harus bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka pengembangan, pembinaan, serta pelindungan bahasa dan sastra. Moto Badan Bahasa “bermartabat bermanfaat” harus terus ditekankan agar keberadaan kantor memberikan manfaat bagi masyarakat dalam membangun bangsa dan negara melalui bahasa dan sastra.

“Harus dilakukan penguatan, baik secara internal maupun eksternal. Prestasi-prestasi yang diraih sebelumnya harus dipertahankan dan ditingkatkan karena mempertahankan lebih sulit daripada membangun. Kuncinya adalah niat baik,” tegasnya.

Sementara itu, Ganjar Harimansyah yang akan menempati posisi Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan terima kasih yang tulus atas kerja sama yang asyik antara pegawai dan kepala selama ini. Dia berharap pegawai Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah senantiasa kreatif dan inovatif dalam menjalankan program-program kantor.

“Saya juga menyampaikan permohonan maaf jika selama bekerja dengan teman-teman melakukan kesalahan dan kekhilafan. Selanjutnya saya juga mohon doa teman-teman agar dapat menjalankan amanah lebih baik lagi di Balai Bahasa Sulawesi Selatan,” ungkap Ganjar dalam acara pisah sambut itu.

 

(asa/est)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas