Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Memperkuat Kerja Sama di Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

KABUPATEN SEMARANG, balaibahasajateng.kemdikbud.go.id—Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (Univet) melaksanakan kunjungan ke Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah pada Selasa, 30 Januari 2023. Kunjungan tersebut dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

Rombongan peserta KKL dari Univet diterima oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin, M.Hum., di Aula Cipto Mangunkusumo. Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Veteran Bangun Nusantara, Drs. Suparmin, M.Hum., menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah yang telah memfasilitasi kunjungan tersebut.

Suparmin dalam sambutannya menyampaikan tujuan kunjungan, yaitu untuk memperkuat kerja sama antara Univet dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. “Kami dari Univet telah menandatangani perjanjian kerja sama dalam bidang kebahasaan dan kesastraan dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah yang berlaku mulai tahun 2023—2028,” terangnya pada Selasa (30/01/2024).

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Syarifuddin, M.Hum., memberikan sambutan dan menyambut hangat kunjungan mahasiswa dari Universitas Veteran Bangun Nusantara. Syarifuddin menjelaskan peran BBP Jateng dalam tiga program prioritas Badan Bahasa, yaitu literasi kebahasaan dan kesastraan, pelindungan bahasa dan sastra, dan internasionalisasi bahasa Indonesia.

Selama sesi diskusi, Dr. Mukhlis, Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo mengajukan beberapa pertanyaan terkait layanan serta informasi mengenai Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, antara lain apakah terdapat kesempatan bagi mahasiswa untuk magang, program apa saja yang bisa dilaksanakan dengan memanfaatkan kerja sama antara balai dan kampus, serta peluang karier menjadi pegawai di balai bahasa untuk para mahasiswa dari jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia selain menjadi guru.

Puncak acara ditandai dengan penandatanganan implementasi dari perjanjian kerja sama atau implementation of agreement oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin, M.Hum. dan Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Veteran Bangun Nusantara, Drs. Suparmin, M.Hum. Implementasi perjanjian ini mencakup berbagai aspek kerja sama dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Penutupan kegiatan ditandai dengan penyerahan cendera mata berupa plakat dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah kepada Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dan dilanjutkan dengan berkeliling di sekitar kantor balai bahasa dimulai dari Perpustakaan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Kunjungan ini diharapkan dapat membuka peluang kerja sama yang lebih luas di masa depan dan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra Indonesia. Universitas Veteran Bangun Nusantara dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah berkomitmen untuk terus bersinergi dalam upaya menjaga Trigatra Bangun Bahasa. [cas/aas]

 

Penyunting: Citra Aninditasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas