Tingkatkan Soliditas Organisasi, Ikadubas Jawa Tengah Gelar Musyawarah Besar

Pradana Ricardo dan Dian R. Pranawengtyas

 

KABUPATEN SEMARANG, balaibahasajateng.kemdikbud.go.id—Ikatan Duta Bahasa (Ikadubas) Jawa Tengah menyelenggarakan Musyawarah Besar (Mubes) Kelima Ikadubas di ruang Bojanaloka, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, pada Sabtu—Minggu, 23—24 Desember 2023. Mubes yang digelar untuk memilih Ketua Ikadubas Jateng 2023/2024 itu dihadiri 35 anggota Ikadubas Jateng lintas angkatan dan pembina. Dalam mubes tersebut Zaki Adi Saputra, Duta Bahasa Jawa Tengah 2022, terpilih sebagai Ketua Ikadubas Jateng 2023/2024.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin, M.Hum., mengatakan bahwa kepengurusan baru harus mampu bekerja sama sebagai mitra Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.  Kualitas dan soliditas organisasi Ikadubas Jawa Tengah perlu lebih ditingkatkan lagi.

“Kepengurusan baru Ikadubas diharapkan menghasilkan konten kebahasaan dan kesastraan seperti tahun lalu. Namun, tidak perlu khawatir karena pembina akan terus mendampingi,” ujar Syarifuddin saat memberikan sambutan pembuka dalam Mubes Ikadubas Jawa Tengah di ruang Bojanaloka pada 23 Desember 2023.

Syarifuddin berharap kegiatan musyawarah besar juga dapat menjadi sarana untuk menyiapkan program Ikadubas tahun depan. Program pembuatan konten kebahasaan dan kesastraan juga akan berlanjut pada tahun mendatang.

“Dengan begitu, program kebahasaan dan kesastraan yang dilakukan Ikatan Duta Bahasa Jawa Tengah semakin terarah,” jelasnya.

Dalam paparan laporan pertanggungjawabannya, Ketua Ikadubas Jateng 2022/2023, Rafi Fauzi Wibowo, menyatakan bahwa selama rentang Januari—Desember 2023, Ikadubas telah terlibat dalam 62 kegiatan, termasuk kegiatan penugasan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dan kegiatan program kerja Ikadubas Jateng,

“Kita juga telah melaksanakan Program Serasa ‘Senyum Ramadan bersama Sastra’ dalam rangka meningkatkan keterampilan literasi bagi anak-anak dan Gebyar Bulan Bahasa 2023 yang bekerja sama dengan SMP Negeri 1 Bawen,” ujar Rafi.

Kegiatan Mubes Ikadubas itu diawali dengan pemaparan materi berkaitan dengan Strategi Penyusunan Program Kerja Kebahasaan dan Kesatraan bagi Duta Bahasa oleh Jihan Salsabila (Duta Bahasa Jawa Tengah 2021). Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Penguatan Aktivitas Literasi bagi Generasi Muda melalui Abdi Bahasa oleh Zhafira Alya Bintari Putri (Duta Bahasa Jawa Tengah 2022) dan Apresiasi Karya Tulis oleh Octalia Heri Setyawati (Duta Bahasa Jawa Tengah 2022). Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib, pembahasan AD/ART Ikadubas Jateng, pemaparan laporan pertanggungjawaban kepengurusan Badan Pengurus Harian (BPH) dan pemilihan Ketua Ikadubas Jateng 2023/2024. [ prc/dpt/asa/aas]

Editor: Agus Sudono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas