Sosialisasi Giat UKBI Adaptif Bagi Pemangku Kepentingan Bidang Pendidikan Kabupaten Semarang

Sunarti

KABUPATEN SEMARANG, balaibahasajateng.kemdikbud.go.id—Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah melalui KKLP UKBI menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Giat UKBI Adaptif bagi Pemangku Kepentingan Bidang Pendidikan Kabupaten Semarang pada 2—3 Februari 2024, di Aula Cipto Mangunkusumo, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan tersebut diikuti 40 peserta yang terdiri atas pengawas SMP, kepala SMP di Kabupaten Semarang, serta perwakilan MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Semarang.

Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Semarang, Sukaton Purtomo Priyatmo, S.H., M.M. mengatakan bahwa para pemangku kepentingan wajib memperdalam kemampuannya dalam berbahasa Indonesia. Guru yang memiliki kewajiban mendidik, membesarkan, dan membimbing siswa, harus memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang memadai.

“Sejak diluncurkan UKBI Adaptif bagi siswa yang tidak berbayar, kita dapat memanfaatkan UKBI Adaptif ini sebagai sarana berliterasi di setiap sekolah,” ujar Katon saat menyampaikan secara resmi di Aula Cipto Mangunkusumo pada 2 Februari 2024.

Sementara itu, Kepala Subbagian Umum Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Andy Rahmadi Santosa, S.Kom., mengajak setiap SMP sederajat di Kabupaten Semarang untuk menggiatkan UKBI Adaptif Merdeka di sekolah masing-masing melalui Giat UKBI Adaptif Merdeka.

“Kami berharap ikut berpartisipasi dalam kegiatan Apresiasi Giat UKBI Adaptif Merdeka Tahun 2024,” ungkap Andy.

Andy menjelaskan bahwa materi tentang ihwal UKBI Adaptif Merdeka,  teknis pelaksanaan Giat UKBI Adaptif Merdeka bagi Pelajar, serta apresiasi Giat UKBI Adaptif Merdeka disampaikan oleh tim KKLP UKBI Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah pada hari pertama. Selanjutnya, pada hari yang sama, peserta kegiatan difasilitasi dengan simulasi UKBI Adaptif.

“Pada hari kedua kegiatan diawali dengan berdiskusi tentang permasalahan uji UKBI dan teknis pendaftaran UKBI bagi siswa. Juga dilakukan pendaftaran dan uji UKBI Adaptif bagi seluruh peserta kegiatan,” tambahnya.

Peserta sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, baik sosialisasi, simulasi, maupun uji UKBI Adaptif Merdeka. Setelah kegiatan, setiap satuan pendidikan SMP, baik negeri maupun swasta, akan menindaklanjuti dengan melaksanakan Giat UKBI Adaptif Merdeka bagi Pelajar dan Apresiasi Giat UKBI Adaptif Merdeka tahun 2024. [sun/asa/aas]

 

 

Penyunting : Agus Sudono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas