Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Kenalkan Realitas Berimbuh Negara Poci Produk di Festival dan Pameran Merdeka Belajar

Ika Inayati, Citra Anienditasari

KABUPATEN MAGELANG, balaibahasajateng.kemdikbud.go.id—Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah ikut meramaikan Festival dan Pameran Merdeka Belajar Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) di Taman Aksobya, Pelataran Candi Borobudur, Magelang, pada 25—26 Mei 2024. Festival dan Pameran Merdeka Belajar tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2024.

Kegiatan tersebut menampilkan pameran dan inovasi pendidikan di Jawa Tengah, yakni 70 stan dari unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti), perguruan tinggi, Dinas Pendidikan se-Jawa Tengah, dan UMKM, Selain itu, kegiatan tersebut dimeriahkan dengan Apresiasi Lomba Potret Cerita Kurikulum Merdeka, gelar wicara, pemutaran film dokumenter IKM, opera Merdeka Belajar, workshop, penampilan kesenian dari peserta didik dan mahasiswa, serta Final Raya Duta Bahasa Jawa Tengah 2024.

Pada kesempatan tersebut Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah memamerkan program kerja, layanan, dan produk terbitan berupa buku, majalah, dan kamus. Salah satunya adalah Realitas Berimbuh Negara Poci sebagai produk mahasiswa magang di Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Fasilitasi magang mahasiswa dan kunjungan (Gangsingan) merupakan salah satu layanan di Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah yang mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Inovasi Balai Bahasa pada layanan tersebut adalah mewajibkan setiap mahasiswa magang untuk menghasilkan produk yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Aplikasi Realitas Berimbuh Negara Poci dapat diunduh secara gratis di Playstore.

Selain itu, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah juga mengenalkan produk unggulan, Senarai Istilah Jawa, yaitu aplikasi dan laman istilah budaya Jawa dengan kelebihan fitur suara yang dapat diakses oleh tunanetra. Para pengunjung juga mendapatkan informasi bahwa mereka dapat melakukan urun daya untuk memperkaya kosakata dalam aplikasi tersebut.

Pengunjung yang datang ke stan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dapat membaca buku dan majalah terbitan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, mengakses perpustakaan daring, mencoba simulasi UKBI, dan mendapatkan buku terbitan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah sebagai suvenir dengan mengikuti gim tebak kata baku-nonbaku. [ika/cas/asa/aas]

 

Penyunting : Agus Sudono

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas