Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah Tahun 2024

Arvynda Permatasari, Dian Respati Pranawengtyas

KABUPATEN MAGELANG, balaibahasajateng.kemdikbud.go.id—Pelaksanaan Malam Puncak Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 telah dilaksanakan pada 25 Mei 2024, di Taman Aksobya Candi Borobudur, Magelang. Kegiatan tersebut berkolaborasi dengan pelaksanaan Pameran dan Festival Kurikulum Merdeka dalam rangka Bulan Merdeka Belajar  dan  Hari Pendidikan Nasional.

Rangkaian acara pemilihan duta bahasa berawal pada pendaftaran yang dimulai pada awal Februari 2024, dilanjutkan dengan seleksi dua puluh finalis yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Tengah. Pendaftar awal pada seleksi administrasi mencapai 103 orang, kemudian diseleksi secara administratif menjadi 99 orang. Para finalis tersebut terjaring dari seleksi administrasi yang dilanjutkan dengan seleksi wawancara pada April 2024. Setelah terpilih, dua puluh finalis tersebut mendapatkan pembekalan materi yang dilaksanakan secara daring dan luring. Pembekalan diharapkan dapat menambah wawasan finalis tentang dunia kebahasaan dan kesastraan. Selain pembekalan, peserta juga menjalani proses penilaian yaitu wawancara kebahasaan, penulisan esai dan artikel, UKBI, krida kebahasaan, bahasa asing, seni budaya, pembuatan konten, dan teknik wicara publik.

Pada acara Malam Puncak Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 menghadirkan tiga juri kehormatan, yaitu Bapak Darmadi, S.Pd., M.Pd. (Kepala Balai Besar Guru Penggerak), Dr. Nugraheni Triastuti, S.E., M.Si. (Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah), dan Ibu Wiwit Kasiyati, S.S., M.A. (Penanggung Jawab Unit Warisan Dunia Borobudur, Mendut, dan Pawon). Juri kehormatan memilih pemenang terfavorit, yaitu Ananta Muhamad Hanafi sebagai Pemenang Favorit Putra dan Olivia Firdaus Pemenang Favorit Putri.

Penerima penghargaan pada Final Raya sebagai berikut.

  1. Pemenang 1 Putra Gemilang Dani Saputra
  2. Pemenang 1 Putri Olivia Firdaus
  3. Pemenang 2 Putra Ananta Muhamad Hanafi
  4. Pemenang 2 Putri Angela Gysca Ariella
  5. Pemenang 3 Putra Fauzan Rizki Irvanza
  6. Pemenang 3 Putri Sherly Arsala Febi Nadia Susanto
  7. Pemenang Krida Terbaik Olivia Firdaus
  8. Peringat Istimewa UKBI Olivia Firdaus dan Wahyu Wijaya
  9. Pemenang Berbakat Putra Wahyu Wijaya
  10. Pemenang Berbakat Putri Angela Gysca Ariella

Dalam sambutannya, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin M. Hum, mengatakan bahwa penyelenggaraan pemilihan duta bahasa Provinsi Jawa Tengah ini adalah kegiatan rutin setiap tahun. Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dalam melaksanakan tiga program prioritas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa memerlukan mitra, salah satunya adalah duta bahasa. “Duta Bahasa merupakan mitra Balai Bahasa. Dalam pelaksanaan tiga program prioritas, khususnya dengan sasaran generasi muda, kami perlu bermitra dengan Duta Bahasa supaya program dapat berjalan dengan lebih baik. ” Syarifuddin  menyampaikan bahwa seluruh finalis sudah memberikan penampilan yang maksimal. Beliau juga mengingatkan agar semua pihak berkolaborasi dan saling membantu dalam persiapan ke tingkat nasional nanti. Harapannya, seluruh finalis duta bahasa akan selalu menjadi mitra dan membantu Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dalam mengenalkan kebahasaan dan kesastraan.

Hadir turut memberikan pesan dan pesan, Kepala BBGP Darmadi, S.Pd., M.Pd. menambahkan bahwa pentingnya pelestarian dan perkembangan bahasa. Sebagai bangsa yang memiliki bahasa negara dan bahasa daerah yang kaya, pelestarian dan perkembangan bahasa adalah hal yang beriringan. “Hasil pelestarian budaya berupa benda yang disimpan, namun jika bahasa dilestarikan kemudian disimpan, justru semakin tidak lestari.” Darmadi menambahkan bahwa cara untuk melestarikan bahasa adalah dengan menggunakannya dalam kegiatan sehai-hari.

“Pelestarian bahasa adalah dengan menggunakannya. Kampanye pelestarian bahasa penting, namun lebih penting lagi mempergunakan bahasa tersebut. Tidak peduli hebatnya seseorang dalam berbahasa, namun jika tidak digunakan, sebuah bahasa tidak akan lestari dan berkembang.”

Sebagai sesama UPT di lingkungan Kementerian Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Darmadi mengapresiasi kegiatan ini. “Semoga adik-adik yang terpilih betul menjadi pilihan yang pas, layak menjadi wakil Jawa Tengah di tingkat nasional. Semoga bisa berpartisipasi dalam berikhtiar pengembangan bahasa Indonesia dan daerah melalui generasi muda.” [ arv/dpt/ufa/aas]

 

 

Penyunting: Umi Farida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas