Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Lakukan Sosialisasi dan Pendampingan Uji UKBI Adaptif di Tiga SMK Pusat Keunggulan Kabupaten Brebes

Getmi Arum Puspitasari

KABUPATEN BREBES, balaibahasajateng.kemdikbud.go.id—Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah melalui KKLP UKBI,  melaksanakan sosialisasi dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) pada 25 Juni 2024 di Kabupaten Brebes. Kegiatan dilaksanakan secara bersamaan di tiga sekolah, yaitu SMKN 1 Tonjong, SMK Ma’arif NU Tonjong, dan SMK Islam Jipang. Kegiatan diikuti oleh siswa dan guru dari masing-masing sekolah. Sosialisasi dan uji UKBI Adaptif yang dilaksanakan oleh tiga sekolah tersebut merupakan implementasi program SMK Pusat Keunggulan dari Direktorat Jenderal Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kepala Sekolah SMK Islam Jipang, Aris Zainal Mutaqin, S.Pd.I. berharap bahwa UKBI sebagai alat uji kemahiran berbahasa dapat dijadikan sarana untuk mengetahui kompetensi berbahasa pendidik maupun pelajar.

Dani Riyadi, S.T., sekretaris SMK Pusat Keunggulan, SMK Ma’arif NU Tonjong, menyampaikan bahwa UKBI merupakan instrumen uji kemahiran berbahasa Indonesia yang komprehensif dan standar karena mengukur kemahiran reseptif dan produktif peserta dalam berbahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis. Di samping itu, UKBI juga mengukur kemampuan pemahaman peserta terhadap kaidah bahasa Indonesia.

Kepala SMKN 1 Tonjong, Drs. Sodikun Atmo Yulianto, M.Pd. menyampaikan bahwa UKBI selain sebagai instrumen uji kemahiran berbahasa Indonesia juga dapat digunakan sebagai alat pendukung program pembelajaran dan literasi sekolah. Disamping itu, siswa juga mendapat pengalaman baik yang bermanfaat di kemudian hari.

Antusiasme peserta dalam mengikuti sosialisasi dan uji UKBI Adaptif menunjukkan kecintaan dan kebanggaan mereka terhadap bahasa Indonesia. [gap/sun/aas]

 

 

Penyunting: Sunarti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas